Tutorial: Surat Pengantar untuk Mengudang Keluarga

Pendahuluan



Tahun 2023 sudah tiba, dan tentu saja masih ada banyak kegiatan yang harus dihadapi. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan adalah mengundang keluarga untuk berkumpul. Namun, tak jarang kita membutuhkan surat pengantar untuk mengudang keluarga agar acara yang diadakan terlihat lebih resmi. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat surat pengantar untuk mengundang keluarga dengan mudah.


Menentukan Format Surat



Sebelum membuat surat pengantar untuk mengudang keluarga, kamu perlu menentukan format surat yang akan digunakan. Format surat biasanya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pembukaan, isi surat, dan penutup. Pastikan format surat yang kamu gunakan sesuai dengan standar surat resmi.


Pembukaan Surat



Pada bagian pembukaan surat pengantar untuk mengudang keluarga, kamu perlu menuliskan nama dan alamat penerima surat, serta tanggal pengiriman surat. Jangan lupa untuk menuliskan judul surat, misalnya "Undangan Keluarga" atau "Surat Pengantar untuk Mengudang Keluarga".


Isi Surat



Pada bagian isi surat, kamu perlu menjelaskan secara singkat mengenai acara yang akan diadakan, termasuk tanggal, waktu, dan lokasi acara. Jangan lupa juga untuk menyebutkan tujuan dari acara tersebut. Selain itu, kamu bisa menambahkan informasi tambahan seperti dress code atau tema acara.


Penutup Surat



Pada bagian penutup surat, kamu perlu menuliskan kata-kata penutup seperti "Demikian surat undangan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadiran keluarga kami ucapkan terima kasih." Jangan lupa juga untuk menuliskan nama, tanda tangan, dan tanggal pembuatan surat.


Contoh Surat Pengantar untuk Mengudang Keluarga



Berikut ini adalah contoh surat pengantar untuk mengudang keluarga:

Kepada Yth,


Nama Penerima Surat


Alamat Penerima Surat


Undangan Keluarga


Dengan hormat,


Kami bermaksud mengundang keluarga untuk menghadiri acara kumpul-kumpul keluarga pada:


Hari/Tanggal : Sabtu, 10 Desember 2023


Waktu : Pukul 10.00 WIB - Selesai


Tempat : Gedung Serbaguna Asri


Tujuan acara ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara keluarga besar. Dress code untuk acara ini adalah smart casual. Sekian undangan ini kami sampaikan, atas kehadiran dan perhatian dari keluarga kami ucapkan terima kasih.


Hormat kami,


Nama Pengirim Surat


Tanda Tangan


Tanggal Pembuatan Surat



Kesimpulan



Membuat surat pengantar untuk mengudang keluarga memang terlihat simpel, namun tetap perlu diperhatikan beberapa hal agar surat terlihat resmi dan dapat diterima dengan baik oleh para penerima surat. Dengan mengikuti tutorial ini, diharapkan kamu dapat membuat surat pengantar untuk mengudang keluarga dengan mudah dan sesuai dengan standar surat resmi.

close